Bisnis VSI Ustadz Yusuf Mansur

Selasa, 22 Januari 2013

RPP Fiqih Kelas XI / Genap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
NAMA MADRASAH
:
MA Salafiyah Pekalongan
MATA PELAJARAN
:
FIQIH
KELAS / SEMESTER
:
XI  / Genap
PERTEMUAN KE
:
1
ALOKASI WAKTU
:
2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI
:
1.   Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga
KOMPETENSI DASAR
:
1.1.      Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam dan hikmahnya
INDIKATOR
:
1.1.1.     Menjelaskan pengertian nikah dalam Islam
1.1.2.     Menjelaskan hukum pernikahan
1.1.3.     Menyebutkan syarat nikah
1.1.4.     Menyebutkan rukun Nikah
1.1.5.     Menjelaskan pengertian Khitbah
1.1.6.     Menjelaskan hukum Khitbah
1.1.7.     Menjelaskan pengertian mahram nikah
1.1.8.     Menjelaskan pembagian mahram nikah
1.1.9.     Menjelaskan macam – macam pernikahan terlarang
1.1.10.  Menyebutkan ketentuan wali
1.1.11.  Menyebutkan macam – macam
1.1.12.  Menjelaskan hukum mahar
1.1.13.  Menjelaskan macam – macam mahar
1.1.14.  Menjelaskan hukum walimah
1.1.15.  Menjelaskan hikmah walimah
1.1.16.  Menjelaskan hikmah pernikahan
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN :

Setelah mempelajari siswa dapat :
a.       Menjelaskan pengertian nikah dalam Islam
b.      Menjelaskan hukum pernikahan
c.       Menyebutkan syarat nikah
d.      Menyebutkan rukun Nikah
e.      Menjelaskan pengertian Khitbah
f.        Menjelaskan hukum Khitbah
g.       Menjelaskan pengertian mahram nikah
h.       Menjelaskan pembagian mahram nikah
i.         Menjelaskan macam – macam pernikahan terlarang
j.        Menyebutkan ketentuan wali
k.       Menyebutkan macam – macam
l.         Menjelaskan hukum mahar
m.    Menjelaskan macam – macam mahar
n.      Menjelaskan hukum walimah
o.      Menjelaskan hikmah walimah
p.      Menjelaskan hikmah pernikahan
II.
KARAKTER PESERTA DIDIK YANG DIHARAPKAN

Bekerja sama (cooperation), Rasa Hormat dan Perhatian (respect), Berani (bravery), Tanggungjawab (responsibility)
III.
MATERI PEMBELAJARAN

Ketentuan hukum Islam tentang perkawinan dan hikmahnya
IV.
PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN

Pendekatan
:
CTL

Metode
:
Ceramah,  diskusi,  Inquiry,

Model
:
Jigsaw Learning ( Belajar melalui Tukar Delegasi antar Kelompok )

V.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :

PERTEMUAN 1



1.   KEGIATAN AWAL

10 menit

a.   Salam dan doa awal pembelajaran
b.   Appersepsi / pre test
c.   Motivasi
d.   Tujuan Pembelajaran






2.  KEGIATAN INTI
EKSPLORASI :
-   Siswa dikelompokkan menjadi 6 kelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas menggali informasi-informasi berdasarkan tugas yang diberikan oleh guru, sebagai berikut:
a.       Mendiskusikan pengertian nikah dalam Islam  (Kelompok 1)
b.      Menjelaskan  hukum pernikahan   (Kelompok 1)
c.       Mendiskusikan  syarat Nikah   (Kelompok 1)
d.      Mendiskusikan rukun Nikah   (Kelompok 2)
e.      Mendiskusikan  pengertian Khitbah    (Kelompok 2)
f.        Mendiskusikan hukum Khitbah   (Kelompok 2)
g.       Mendiskusikan  pengertian mahram nikah   (Kelompok 3)
h.       Mendiskusikan  pembagian mahram nikah  (Kelompok 3)
i.         Mendiskusikan  macam – macam pernikahan terlarang  (Kelompok 3)
j.        Mendiskusikan  ketentuan wali   (Kelompok 4)
k.       Mendiskusikan  macam – macam wali  (Kelompok 4)
l.         Mendiskusikan hukum mahar   (Kelompok 5)
m.    Mendiskusikan  macam – macam mahar  (Kelompok 5)
n.      Mendiskusikan hukum walimah   (Kelompok 6)
o.      Mendiskusikan hikmah walimah   (Kelompok 6)
p.      Mendiskusikan  hikmah pernikahan  (Kelompok 6)
-   Setiap kelompok mendapat tugas membaca, menyimak, mempelajari, dan menelaah materi tersebut, serta mendiskusikannya secara demokratis serta membuat ringkasan materi pembelajaran yg berbeda
ELABORASI
-   Siswa dibagi menjadi 6 Kelompok sesuai dengan materinya masing-masing
-   Setiap anggota yang ditugaskan di kelompok lain menjelaskan pada seluruh anggota kelompoknya.
-   Perwakilan kelompok menjelaskan hasil pencariannya didepan kelas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa lain kelompok.
KONFIRMASI
-   Guru mengulas dan mengkritisi hasil kerja siswa
-   Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari

70 menit

3.      KEGIATAN PENUTUP
a.      Guru menyampaikan  kesimpulan
b.      Guru memberikan Post tes
c.       Guru memberikan refleksi dan klarifikasi
d.      Guru memberikan tugas kepada siswa sebagai tindak lanjut

10 menit
VI
ALAT DAN SUMBER BELAJAR



1.      Alat                                : LCD, Komputer, Spidol, Papan Tulis, Kertas
2.      Sumber Belajar         : Bahan ajar, Internet, buku – buku yang relevan


VII
PENILAIAN



1.      Teknik Penilaian       : Tes Tertulis, lesan dan pemberian tugas
2.      Bentuk Penilaian      : Uraian



LEMBAR PENILAIAN
1.         Tes Tertulis

No.
Butir Soal
Kunci Jawaban
1.

     


2.




3.
Akad yang menghalalkan hubungan laki – laki dan perempuan dalam ikatan suami istri adalah pengertian dari ;
      a.       Khitbah                          d. Perselingkuhan
      b.      Persetubuhan                e. Nikah
      c.       lamaran
Seseorang yang mampu secara lahir batin serta merasa kawatir akan berbuat zina, jika ia tidak menikah maka hukum menikah adalah ;
      a.       Wajib                          d. Haram
      b.      Mubah                         e. Sunah Muakad
      c.       Makruh
Menyatakan permintaan untuk menikah, dari seorang laki – laki kepada seorang perempuan melalui tata cara yang ditentukan Islam disebut ;
      a.       Pacaran                     d. Mahar
      b.      Khitbah                       e. Pendekatan
      c.      Pertunangan
E





A




     B
4.
5.
            Sebutkan Syarat Nikah bagi Calon Istri ?
            Sebutkan Rukun Nikah!
            Jawab :
1.      Islam
2.      Jelas Perempuan
3.      Mendapat izin dari walinya
4.      Tidak bersuami dan tidak dalam masa Idah
5.      Tidak mempunyai hubungan mahrom dengan calon suami
6.      Jelas ada orangnya
7.      Tidak sedang berihrom haji / umrah

1.      Calon Suami
2.      Calon Istri
3.      Wali
4.      Ada 2 orang saksi
5.      Ijab Qabul

2.         Penilaian afektif :

3.         Kinerja
a.       Tes Tertulis              : Laporan Diskusi
b.      Proses                      : Keaktifan Diskusi
c.       Unjuk Kerja             : Membuat Kliping



Semarang,  22 Januari 2013
Mengetahui
Kepala MA Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fiqih




H. RIDWAN, M.Ag.


Guru Mata Pelajaran





MUH. IMRON, S.H.I.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bisnis VSI yang Didirikan Oleh Ustadz Yusuf Mansur