Bisnis VSI Ustadz Yusuf Mansur

Senin, 10 Agustus 2015

IBADAH DALAM ISLAM



1.      Pengertian Ibadah
Menurut bahasa Ibadah artinya patuh (Al Tha’ah) dan tunduk (Al khudhu) menurut istilah ibadah adalah segala amal atau perbuatan yang dicintai dan diridhai Allah baik berupa perkataan, perbuatan atau tingkah laku. Tujuan ibadah adalah untuk membersihkan dan mensucikan jiwa dengan mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah

2.      Macam-Macam Ibadah
Ibadah terdiri atas dua macam, yaitu :
a.       Ibadah mahdhoh, artinya ibadah yang khusus berbentuk praktek atau perbuatan yang menghubungkan seorang hamba dengan Allah melalui tatacara yang telah diatur dan dicontohkan oleh Allah dan Rasulnya. Contoh ibadah mahdhoh adalah Sholat, Puasa, Zakat dan Haji.
b.      Ibadah Ghairu mahdhoh: Ibadah yang tatacaranya tidak diatur secara Khusus oleh Allah dan Rasulnya sehingga berbentuk umum antara hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam. Contoh ibadah ini adalah : Gotong royong, membantu orang yang sangat membutuhkan, menjaga alam sekitar dan lain-lain.

3.      Kedudukan Ibadah
Kedudukan Ibadah dalam Islam menempati posisi yang paling utama dan menjadi titik sentral seluruh aktivitas manusia. Sehingga apa saja yang dilakukan oleh manusia bisa bernilai ibadah namun tergantung pada niatnya masing-masing, maka dapat dikatakan bahwa aktivitas manusia dapat bernilai ganda, yaitu bernilai material dan bernilai spiritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bisnis VSI yang Didirikan Oleh Ustadz Yusuf Mansur